Melilea Makanan Organik

Melilea adalah Makanan Organik Yang Telah Meraih Penghargaan Superbrands Kategori Pilihan Konsumen Dan Dikeluarkan Oleh Perusahaan Peraih Superbrands Dengan Kategori Bisnis

Kamis, 27 November 2008

Waspada Susu asal AS Mengandung Melamin


Bisnis Organik dan Konsultasi Kesehatan dan Kecantikan
Tips Hidup Sehat melilea
081220905280


Waspada Susu asal AS Mengandung Melamin

HATI-HATI: Bagi para ibu yang menggunakan produk susu asal Amerika Serikat sebaiknya semakin berhati-hati menyusul ditemukan kandungan melamine didalamnya. JAKARTA-- Informasi yang menyebar mengenai terdeteksinya kontaminasi terhadap beberapa merek susu formula di Amerika Serikat mengundang kekhawatiran dan kebingungan dari kelompok konsumen dan Jaksa Wilayah Illinois meminta agar pihak Food and Drug Administration (FDA) menarik produk tersebut.

Kini semakin banyak orangtua yang meminta informasi kepada produsen susu mengenai kemungkinan kandungan melamine dalam susu produksi AS tersebut. Sementara itu, FDA menyatakan makanan bayi tersebut aman dan orangtua dapat meneruskan memberikannya kepada bayi mereka. Kandungan melamin yang terkandung sangat rendah dan tidak membahayakan kesehatan.

Salah satu produsen susu tersebut mengkritisi FDA tentang penyebarluasan informasi yang tidak akurat tersebut.

"Kami memperoleh telepon dari banyak ibu yang bingung terhadap situasi saat ini, ujar juru bicara Mead Johnson, Pete Paradossi.

Mead Johnson adalah salah satu dari tiga produsen susu asal AS yang produknya diduga mengandung melamin.

Melamin sebelumnya ditemukan pada susu formula di China dengan kandungan yang lebih tinggi, yang memakan korban sekurangnya tiga bayi meninggal dan 50.000 bayi mengalami gagal ginjal. Kandungan melamin dengan level sangat rendah itu terdeteksi pada tiga sampel susu produksi Abbott Laboratories, Nestle dan Mead Johnson. Ketiga perusahaan besar itu memproduksi lebih dari 90% dari semua susu bayi yang diproduksi di AS.

Menurut FDA, kontaminasi melamin pada susu formula buatan AS itu terjadi saat proses produksi, bukannya disengaja seperti yang terjadi di China. "Kandungan yagn kami deteksi sangat rendah. Mereka tidak seharusnya mengganti asupan tersebut. Jika mereka sudah terbiasa dengan produk tertentu, teruskan sebagai langkah terbaik untuk bayi," Direktur Pusat FDA untuk keamanan makanan dan nutrisi, Dr. Stephen Sundlof.

Pemerintah AS diam-diam mulai melakukan pengujian susu formula produksi domestik pada September lalu, tak lama setelah skandal susu melamin mencuat di China.

Menurut FDA, sejauh ini tak ada laporan adanya orang yang sakit di AS akibat melamin, zat kimia industri yang digunakan untuk memproduksi plastik dan pupuk. Pada keterangan yang diberikan juru bicara FDA, Judy Leon pada hari Rabu (25/11), Neste Good Start Supreme Infant Formula With Iron positif mengandung melamine pada satu sampel.

Mead Johnson Infat Formula Powder, Enfamil LIPIL with Iron terbukti positif ketika dicek untuk kandungan cyanuric acid. Secara terpisah, Abbot Laboratories yang produknya termasuk Similac mengatakan kepada AP, tes yang dilakukan oleh pihaknya mendeteksi kandungan melamin yang rendah dari produknya. bahkan lebih rendah dari produk lain yang ditemukan FDA juga lebih rendah dari standar keamanan negara manapun. (AP/ri) Sumber: Republika Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar